10 September 2014

Inilah Infografis itu..

Apa itu Infografis? Pernah lihat ilustrasi seperti di atas saat sedang membaca surat kabar? Nah itulah yang dinamakan infografis. Infografis disebut pula dengan Graphic News, Infographic atau kadang cukup disebut dengan grafis saja.

Kehadirannya turut mempermanis tampilan surat kabar sehingga tidak kering. Tentang penempatan sangat tergantung dengan kebijakan redaksi masing-masing. Ada yang saklak harus berbentuk segiempat dan musti menghuni singgasana berita HL (headline). Adapula koran yang membaurkan dengan isi berita.
Infografis Akil Mochtar di Koran
Infografis Akil Mochtar di salah satu surat kabar.
Itu sangat tergantung dengan pakem korannya.

Gambar grafis di atas saya buat pada Kamis (20/2/2014) dan terbit keesokannya (21/2/2014) untuk harian lokal Berita Pagi. Saya buatnya di rumah saja. Karena saya sudah resign dari Koran tersebut pada Februari 2011. Jadi ceritanya freelance gitu. Kerja dari rumah.

Infografis Infogfrafik
Tampilan Infografis di layar monitor
Baik Sobat, itu saja konten pertama saya untuk blog Infografis ini. Mudah-mudahan ke depannya saya bisa konsisten untuk posting karya-karya terbaik saya. Dan share pengetahuan tentang infografis ini.

Salam kreatif!
Pakde Zaki



No comments:

Post a Comment

Wanna talk about Infographics? Write here... No SPAM, No live link, No Bot please :)